Trik Melindungi Blog Dari SEO Negatif

1176 views

Di zaman pengambilan suara presiden RI 2014 pasti banyak mendengar kabar di beraneka media soal kampanye hitam (black campaign) juga kampanye negatif. Bagi yang tak tahu hal yang bedanya, kampanye hitam ialah kampanye yang dilakoni tuk ‘menendang’ kompetitor via isu-isu yang tidaklah berdasar ataupun fitnah. Akan tetapi negative campaign yaitu kampanye menerjang lawan dengan mempergunakan fakta-fakta berdasar juga merugikan lawan. Tujuan dua kampanye ini adalah tuk menerjang dan merugikan kompetitor keduabelah capres hingga kredibilitasnya terpuruk. Namun maaf, kami tidak ulas pemilihan presiden.

Di dunia SEO pula ada yang julukannya kampanye negatif maupun SEO Negatif. Tujuannya yaitu untuk menjatuhkan posisi atau peringkat website kompetitor di mesin penelusur Google. Jelas Negatif SEO ini begitu merugikan blog bisnis, lantaran bisa merusak eksistensi sebuah blog di mata Google. Setelahnya bagaimana trik mengatasinya? Disadur dari blog.kissmetrics.com, di bawah adalah review seputar kampanye SEO Negatif.

Apa Itu SEO Negatif?

SEO Negatif antara lain serangkaian kelakuan yang dilakukan oleh orang lain untuk sabotase posisi blog kalian di mesin penelusur. Pada umumnya SEO Negatif mempergunakan metode SEO yang dilarang peraturan Google Webmaster, metode yang tidak terlalu etis atau akrab disebut black hat. Serangan tipe serangannya seperti:

  1. Meretas blog kalian (hacking)
  2. Menciptakan ratusan atau ribuan link spam kearah situs kalian
  3. Membangun marak link dari blog-blog yang tidak terlalu berkualitas dengan mempergunakan anchor text sebagaimana Viagra, P0ker, dan keywords yang belum tentu family safe

Apakah Ancaman Nyata

Ada sebuah situs yang melayani jasa pembuatan web pernah mengatakan pada saya: Ya tentunya ancaman ini nyata. Kendala SEO Negatif sebagai sebuah tantangan yang wajib dihadapi pengelola website, dan cukup ada sebagian website yang terjangkit dampaknya. Blog yang terjangkit dampak SEO Negatif acapkali mengalami kepadatan tuk membalikan populernya di mata Google. Lantaran itu SEO Negatif wajib dicegah dari sekarang, seperti pepatah, sedikit baik mencegah daripada mengobati. Untungnya Google usai merilis tools guna mengatasi aktivitas SEO Negatif, tool ini boleh dimanfaatkan webmaster dengan cara gratis. Tetapi, kita perlu berhati-hati pada pengunaan tool tersebut, gunakan jadi opsi terakhir saja. Normalnya bisa menghabiskan 2–4 minggu tuk memandang hasil kerja tool tersebut.

Cara Cegah Serangan SEO Negatif

#Setting email alert Webmaster Tools:

  1. Kala ada malware menginvasi website kalian
  2. Saat blog tidak bisa diindeks Google
  3. Kala koneksi server blog kalian bermasalah
  4. Saat blog kalian memperoleh manual penalty dari petugas Google

Aktifkan notifikasi email kemudian pilih tuk menerima notifikasi utk semua jenis kondisi. Kemudian klik “Save”.

#Lacak Backlinks Yang Ada

Ini antara lain langkah yang begitu penting kalian terapkan tuk mencegah seluruh spammer telah ‘mengerjai’ blog kalian. Hampir seluruhnya praktek SEO Negatif dilaksanakan dengan cara membentuk links dari blog-blog yang berkualitas rendah maupun links redirect.

Tools yang disarankan untuk digunakan tuk menavigasi baclinks menuju website yaitu Opensiteexplorer.org serta Ahrefs.com. Pergunakan tools tersebut dengan cara berkala tuk mengenal perkembangan links kearah website kalian.

#Lindungi Backlinks Terbaik

Cukup banyak aktivitas SEO Negatif yang mengupayakan mencoba menghapus link yang pernah kita bangun. Mereka menjalaninya dengan cara menelpon pemilik blog yang mana links kalian berada. Pada mengatasnamakan diri kalian, mereka menjajal meminta pemilik blog tersebut menghilangkan backlink kalian.

Untuk mencegah kasus ini, kita direkomendasikan memakai email dengan domain tersendiri saat membangun link dan mengkontak pemilik blog lain. Ini cukup mencegah orang beda berpura-pura sebagai kalian kala menghubungi pemilik blog tempat backlink kalian ada.

#Amankan Dari Serangan Hacker-Malware

Kita setuju jika keamanan blog antara lain sesuatu yang begitu penting juga krusial. Apa saja platform blog kalian, pastikan jika keamanan tuk blog yang kalian dirikan sudah pas kuatnya.

Kalian juga disarankan untuk menginstal plugin pelengkap tuk menambah keamanan blog WordPress kalian, seperti menginstal plugin Google Authenticator. Software ini menambah keamanan blog WordPress dengan mempratekkan verifikasi pasword beberapa(dua) langkah. Tiap kali log-in ke blog WordPress, kalian diminta tuk menambah kode yang dikirimkan Google Authenticator kedalam smartphone kalian.

Ada 3 argumen apa alasannya seorang Spammer ‘isengi’ blog kalian:

  1. Bersenang-senang
  2. Balas dendam
  3. Menyingkirkan kalian dari rivalitas di SERP Google

Cara ‘Perang’ Dengan SEO Negatif

#Buat List Backlinks yang Ingin kalian Hapus

Monitor bertambahnya jumlah backlinks ke blog kalian dengan cara berkala. Tandai setiap links kearah blog kalian, informasi ini berkesempatan kita peroleh lewat Google Webmaster Tools maupun dengan melibatkan tools yang disebutkan tadi. Periksa sumber dari links kalian, apakah links ini bisa merusak eksistensi website kalian kemudian hari? Kalau ya, maka kalian wajib bersiap-siap menghapusnya.

#List Disavow Links

Jika kalian mendapat email seputar manual penalty, langkah yang cukup kalian lakukan adalah mempergunakan Google Disavow Tool. Teknik pada poin 1 juga 2 mungkin belum berhasil dilakukan, maka menghapus bad links tersebut kita bisa memungkinkan list disavow yang selanjutnya bisa disubmit menuju ke Google Webmaster Tools.

Tags: #Black Campaign #Black Hat Trick #SEO #SEO Negatif

Leave a reply "Trik Melindungi Blog Dari SEO Negatif"

No related post!